Pusat Tahfizh dan Pendidikan Islam Al-Farauk adalah lembaga pendidikan yang berdiri di bawah naungan Pimpinan Daerah Persatuan Islam Brebes Jawa Tengah.

Sejak didirikannya, Markaz Al-Farauk telah berkonsentrasi dalam bidang pendidikan baca tulis dan tahfizh Al-Qur’an, khususnya pada anak-anak usia tingkat Sekolah Dasar.

Kini Markaz Al-Farauk mengembangkan diri menjadi Pusat Tahfizh Qur’an dan Pendidikan Islam.Disamping tetap berkonsentrasi dalam bidang pendidikan baca tulis dan Tahfizh Al-Qur’an untuk anak-anak usia tingkat Sekolah Dasar, Markaz Al-Farauk juga menyelenggarakan Tahfizh Qur’an dan Pendidikan Islam untuk usia SMP/Mts  dan SMA/Aliyah.

Konsep pendidikan di Markaz Al-Farauk adalah “Konsep Terbuka” yaitu aktifitas belajar-mengajar boleh dimana saja baik di areal terbuka seperti taman, halaman dan saung, maupun dalam ruangan seperti di asrama, masjid dan lain-lain, tergantung kesepakatan antara guru dengan santri. Begitu juga para santri hidup bergaul dan berbaur dengan masyarakat sekitar.

Program yang ditawarkan meliputi pendidikan Non Boarding untuk usia tingkat Sekolah Dasar bagi masyarakat Brebes dan Boarding School untuk usia SMP/Mts dan SMA/Aliyah bagi masyarakat Brebes dan nasional lainnya.

Program Boarding School untuk tingkat usia SMP/Mts dan SMA/Aliya focus pada Tahfizh Qur’an 30 juz, Kemahiran berbahasa Arab dan Ingris dengan masa pendidikan selama tiga tahun. Dan di akhir tahun ketiga dari pembelajaran para santri akan mengikuti ujian keseteraan ijazah, yaitu program paket B untuk tingkat SMP/Mts dan program paket C untuk tingkat Aliyah/SMA.

Markaz Al-Farauk Brebes bukanlah lembaga alternatif tapi akan menjadi pilihan bagi keluarga muslim. Dengan konsep pembinaan yang integratif menjamin proses pendidikan dan pembinaan yang berjalan akan mampu mengembalikan kekhasan pendidikan Islam yang akan melahirkan generasi-generasi Rabbani yang hafal Qur’an, berilmu, beramal shaleh dan berakhlaqul karimah. Insya Allah.